Home » berita » Unicef: Sabang Bisa Atasi MalariaUnicef: Sabang Bisa Atasi Malaria

Unicef: Sabang Bisa Atasi MalariaUnicef: Sabang Bisa Atasi Malaria

April 28, 2014 10:04 am Category: berita Leave a comment A+ / A-

SABANG – Direktur Eksekutif Unicef Kantor Pusat, Anthony Lake, menyatakan Pemerintah Kota (Pemko) Sabang telah berhasil menekan angka kasus malaria yang terjadi di kota tersebut. Hal itu dikatakan Anthony dalam kunjungannya ke Sabang, Sabtu (1/3) kemarin.

“Saya sangat senang dan berterimakasih kepada Pemko Sabang yang telah berhasil menekan serangan malaria hingga seminimal mungkin. Keberhasilan ini bukan hanya jadi contoh bagi Indonesia, tapi juga akan menjadi contoh bagi seluruh dunia,” kata Anthony.

Menurut Anthony, meningkatnya kujungan turis mancanegara ke Kota Sabang dalam beberapa tahun terakhir ini, juga disebabkan tidak ada lagi kasus malaria yang terjadi di Sabang.

Anthony Lake dan rombongan tiba di Pelabuhan Penyeberangan Balohan sekitar pukul 10.15 WIB. Rombongan itu disambut Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam, bersama Asisten Ekonomi dan Pembangunan, M Daud Imum SE, Kadis Kesehatan dr Ali Imran dan sejumlah pejabat lainnya.

Dari pelabuhan, rombongan langsung menuju Puskesmas Suka Karya di Gampong Paya Seunara. Selain berbincang-bincang dengan petugas tentang keberhasilan mencegah serangan malaria yang sekitar 10 tahun lalu menyerang ribuan warga setempat, rombongan menjenguk seorang warga yang dilaporkan terserang malaria, Ihyar (27), pekerja PT Inti Batee Shoek.

Ihyar yang merupakan penduduk Montasik, Aceh Besar yang baru beberapa hari berdomisili di Kota Sabang itu, dirawat ruang rawat 1 Puskesmas Suka Karya, sejak Kamis (27/2).

Anthony dan rombongan juga berkunjungke Pustu Pria Laot dan Puskesmas Pria Laot. Di Puskesmas Pria Laot, Direktur Eksekutif

petinggi-unicef-di-puskesmasUnicef itu berdiskusi dengan petugas juru malaria lingkungan. Dalam kesemapatan itu Anthony juga menyempatkan diri untuk mencoba kemampuan para juru malaria itu, dengan meminta para petugas memeriksa darahnya.

Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam, berterimakasih atas kunjungan Direktur Eksekutif Unicef bersama rombongan ke Sabang, untuk melihat keberhasilan Pemko Sabang membasmi malaria.

Pihaknya berharap kepada Unicef yang telah membantu Pemko Sabang dalam pencegah malaria, untuk tetap berkujung dan memberikan bantuannya. “Atas kerja sama yang baik antara dokter dan puskesmas dan dibantu Unicef, kini Sabang sudah bebas dari serangan malaria,” katanya.

Terkait seorang warga yang terserang malaria, Wali Kota mengakui hal itu. Namun, menurut Wali Kota, berdasarkan keterangan yang ia terima dari petugas puskesmas, malaria yang menyerang warga Montasik tersebut adalah malaria impor atau bukan terjangkit di Sabang.(az)

aceh.tribunnews.com

Unicef: Sabang Bisa Atasi MalariaUnicef: Sabang Bisa Atasi Malaria Reviewed by on . SABANG – Direktur Eksekutif Unicef Kantor Pusat, Anthony Lake, menyatakan Pemerintah Kota (Pemko) Sabang telah berhasil menekan angka kasus malaria yang terjadi SABANG – Direktur Eksekutif Unicef Kantor Pusat, Anthony Lake, menyatakan Pemerintah Kota (Pemko) Sabang telah berhasil menekan angka kasus malaria yang terjadi Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top