Home » berita » Terdapat Deposit Minyak di Pulau Rondo

Terdapat Deposit Minyak di Pulau Rondo

April 18, 2015 10:26 pm Category: berita Leave a comment A+ / A-

SABANG – Di perairan Pulau Rondo, Sabang, sebagai pulau paling barat Indonesia, terdeteksi ada kandungan (deposit) minyak bumi dalam jumlah sangat besar. Kandungan minyak tersebut, jika dieksploitasi dalam ritme normal, diperkirakan lamanya bisa mencapai 375 tahun, baru habis.

Informasi tentang potensi minyak bumi di perairan Pulau Rondo itu disampaikan Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam, saat persentasi tentang pengenalan potensi Sabang dalam acara Business Investment and Business Matching di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Kamis (16/4).

Acara tersebut dibuka Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Ir Iskandar MSc. Hadir dalam acara itu Deputy Chief Minister I Pinang State Government (Wakil Gubernur Pulau Pinang) Malaysia, Dato’ Haji Mohd Rashid Hasnon beserta rombongan dan para pengusaha dari Pulau Pinang, Kepala Dinas Pariwisata Aceh dan Banda Aceh, Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Ketua Kadin Aceh, dan para pengusaha Aceh lainnya.

Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Aceh dengan Pemerintah Pulau Pinang telah menjalin MoU tentang pelaksanaan pertemuan secara bergilir. Nah, pada tahun 2015 ini Acehlah yang menjadi tuan rumahnya.

Sementara itu, Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam, mengatakan, setelah gempa dan tsunami terjadi 26 Desember 2004 telah ditemukan kandungan minyak di lepas pantai Pulau Rondo. Hal ini berdasarkan hasil uji sonar dan citra satelit yang dilakukan oleh tim ahli dari Petronas, Malaysia, dari sebuah kapal.

“Kapal itu sedang berlayar di perairan internasional, lalu melintas di perairan Pulau Rondo untuk melakukan uji sonar. Dari situlah, ditambah dengan data dari citra satelit diketahui bahwa deposit minyak bumi di peraiaran Pulau Rondo sangat banyak. Salah satu tim peneliti menyebutkan kepada saya bahwa masa eksploitasinya bisa mencapai 375 tahun, barulah minyaknya habis,” kata Zulkifli M Adam saat dikonfirmasi ulang Serambi tadi malam dari Banda Aceh.

Dengan deposit minyak yang sedemikian, Zulkifli optimis Sabang bakal menjadi pulau yang mendapat perhatian khusus dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dunia internasional. “Mudah-mudahan, survei pendahuluan itu segera ditindaklanjuti oleh pihak berkompeten di Indonesia, sehingga diperoleh angka pasti dari deposit minyak di perairan Pulau Rondo itu,” kata Zulkifli.

Selain memperkenalkan tentang kekayaan alam Pulau Rondo dan potensi pariwisata Sabang pada umumnya, pada kesempatan itu Zulkifli H Adam juga menjelaskan sejarah Sabang pada masa Pemerintahan Belanda. Saat itu Sabang merupakan salah satu pulau yang memiliki pelabuhan tersibuk di wilayah barat Nusantara.

“Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Sabang 10 Maret lalu menyatakan bahwa Sabang memilki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Sehubungan dengan itu pula Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memboyong para investor dari Cina ke Sabang,” kata Kabag Humas dan Protokoler Setdako Sabang, Abdullah SE, dalam siaran persnya yang diterima Serambi kemarin sore. (az/dik)

aceh.tribunnews.com

Terdapat Deposit Minyak di Pulau Rondo Reviewed by on . SABANG - Di perairan Pulau Rondo, Sabang, sebagai pulau paling barat Indonesia, terdeteksi ada kandungan (deposit) minyak bumi dalam jumlah sangat besar. Kandun SABANG - Di perairan Pulau Rondo, Sabang, sebagai pulau paling barat Indonesia, terdeteksi ada kandungan (deposit) minyak bumi dalam jumlah sangat besar. Kandun Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top