Home » berita » Pelabuhan Sabang Mulai Ekspor Pupuk

Pelabuhan Sabang Mulai Ekspor Pupuk

June 26, 2014 4:01 pm Category: berita Leave a comment A+ / A-

SABANG – Pelabuhan Bebas Sabang yang selama ini hanya menjadi pintu gerbang inpor gula dan mobil-mobil eks luar negeri, kini dilaporkan mulai melakukan eskpor pupuk ke Malaysia. Sejak Mei hingga Juni 2014, pelabuhan yang dibangun Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) ini sudah dua kali mengekspor pupuk ke negeri jiran itu.

Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi BPKS, Agussalim didampingi Kabag Humas Hidayat Syarief SH, kepada Serambi, Rabu (25/6) mengatakan, pelabuhan Sabang kini mulai bergairah kembali. Kemarin, pelabuhan ini kembali mengekspor 200 ton pupuk Magnesium Sulfat (puluk olahan) ke Pelabuhan Poklang, Malaysia, via KLM Surya Indah II.

Agussalim menyebutkan, pupuk olahan tersebut berasal dari Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Sedangkan ekspor pupuk sebelumnya yang juga dari Indrapuri dilakukan pada 15 Mei 2014. Pupuk yang diekspor saat itu jumlahnya juga 200 ton (4.000 sak isi 50 kg).

Ekspor pupuk olahan tanpa pajak dari Pelabuhan Sabang ke Pelabuhan Poklang, Malaysia, tambah Agussalim, akan terus berlanjut setiap bulannya, sesuai dengan kontrak yang telah dilakukan oleh CV Putra Samudra.

Menurut Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi BPKS itu, tak ada kendala dalam proses eskpor pupuk tersebut. BPKS sebagai lembaga pemerintah mempunyai tugas sesuai dengan Undang-undang Nomor 37 Tahun 2000, yaitu menfasilitasi perizinan dan izin usaha lainnya yang dibutuhkan pengusaha di kawasan Sabang.

Selain itu, berdasarakan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 83 Tahun 2000, BPKS juga memiliki kewenangan melakukan perlengkapan menerbitkan dokumen Surat Keterangan Asal (SKA), serta Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 692/M/DAG/Kep/8/2012 Tentang Pejabat Penandatanganan SKA dan sebagai salah satu lembaga penerbit SKA.

Karena itu, kepada pelaku bisnis di Aceh diimbau agar memanfaatkan Pelabuhan BPKS untuk mengekspor barnag-barang unggulan Aceh ke luar negeri. “Mudah-mudahan dengan ekspor kedua ini, eksportir lain yang selama ini mengekspor kopi, cokelat dan komudi unggulan Aceh lainnya via Belawan di Medan, akan beralih ke Pelabuhan Sabang,” harapnya.

Sementara Kabag Humas BPKS, Hidayat Syarief, berharap dengan semakin banyaknya eksportir yang melakukan ekspor via Pelabuhan Sabang, akan mendongkrak pertubuhan ekonomi Aceh, khususnya Sabang. Selain itu, Pelabuhan Sabang akan menjadi pelabuhan yang aktif ekspor inpor, juga sebagai pelabuhan transit.

Untuk diketahui, Pelabuhan Sabang merupakan pelabuhan dengan kedalaman 18 hingga 20 meter yang mampu melayani kapal-kapal peti kemas atau cargo berkapasitas 10 ribu hingga 14 ribu DWT.

“Harapan ke depan Pelabuhan BPKS Sabang bisa menjadi pintu gerbang ekspor semua komuditi unggulan di Aceh dengan fasilitas duty free (tidak ada pajak ekspor dan tidak ada pajak inpor), kesibukan aktivitas Pelabuhan Sabang seperti tempo dulu dapat terwujud kembali,” harapnya.(az)

Pelabuhan Sabang Mulai Ekspor Pupuk Reviewed by on . SABANG - Pelabuhan Bebas Sabang yang selama ini hanya menjadi pintu gerbang inpor gula dan mobil-mobil eks luar negeri, kini dilaporkan mulai melakukan eskpor p SABANG - Pelabuhan Bebas Sabang yang selama ini hanya menjadi pintu gerbang inpor gula dan mobil-mobil eks luar negeri, kini dilaporkan mulai melakukan eskpor p Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top