Home » berita » Dukungan Terhadap Berkembangnya Pelayaran Rakyat

Dukungan Terhadap Berkembangnya Pelayaran Rakyat

March 11, 2014 10:35 am Category: berita Leave a comment A+ / A-

Transportasi laut merupakan salah satu bagian dari sistem transportasi nasional yang memegang peranan penting dalam mobilitas penumpang dan barang. Transportasi laut memiliki dua komponen utama berupa prasarana kepelabuhanan dan sarana angkutan laut/pelayaran. Pelabuhan (Prasarana) dalam Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2009  tentang Kepelabuhanan didefinisikan sebagai tempat yang terdiri atas daratan dan/atau perairan dengan batas-batas tertentu, melaksanakan kegiatan pemerintahan dan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang, dan/atau bongkar muat barang.

Kegiatan angkutan laut meliputi angkutan laut dalam negeri, angkutan laut luar negeri, pelayaran rakyat, angkutan laut khusus dan angkutan laut perintis. Indonesia sebagai negara kepulauan, angkutan laut seharusnya dominan dikembangkan pada perairan Indonesia khususnya Pelayaran Rakyat (Pelra) untuk memajukan wilayah kepulauan yang memiliki keterbatasan akses transportasi. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2010 sebagaimana diubah pada Peraturan Pemerintah 22 Tahun 2011 telah menyebutkan bahwa pelayaran rakyat adalah kegiatan angkutan laut yang ditujukan untuk mengangkut barang dan/atau hewan dengan menggunakan kapal layar, kapal layar motor tradisional dan kapal motor dengan ukuran tertentu.

Kegiatan angkutan laut pelayaran rakyat dilakukan oleh orang perseorangan warga negara Indonesia atau badan usaha dengan menggunakan kapal berbendera Indonesia yang  memenuhi  persyaratan  kelaiklautan  kapal  serta diawaki oleh awak kapal berkewarganegaraan Indonesia. Menteri melakukan pembinaan angkutan laut pelayaran rakyat agar  kehidupan  usaha  dan  peranan  penting angkutan laut pelayaran rakyat tetap terpelihara sebagai bagian  dari  potensi  angkutan  laut  nasional  yang merupakan satu kesatuan sistem transportasi nasional.

Pengembangan  angkutan  laut  pelayaran rakyat diarahkan untuk meningkatkan  pelayanan  transportasi ke  daerah  pedalaman dan/atau  perairan  yang  memiliki  alur  dengan kedalaman terbatas termasuk sungai dan danau; meningkatkan  kemampuannya  sebagai  lapangan usaha  angkutan  laut dan lapangan  kerja; dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan kewiraswastaan  dalam  bidang  usaha  angkutan  laut. Angkutan laut pelayaran rakyat seharusnya tidak dibiarkan berkembang dengan sendirinya tanpa perlindungan dan keberpihakan Pemerintah untuk berperan melakukan pembinaan. Keterlibatan Pemerintah dapat dilakukan melalui peningkatan keterampilan sumber daya manusia bagi pengusaha dan awak kapal di bidang nautis, teknis, radio,  serta  pengetahuan  kepelautan  melalui pendidikan/pelatihan  kepelautan  yang diselenggarakan  termasuk  di  pelabuhan  sentra pelayaran rakyat; peningkatan  keterampilan  manajemen  bagi perusahaan  berupa  pendidikan  di  bidang ketatalaksanaan  pelayaran  niaga  tingkat  dasar  di pelabuhan sentra pelayaran rakyat;  penetapan standarisasi bentuk, ukuran,  konstruksi, dan tipe  kapal disesuaikan dengan daerah dan/atau rute pelayaran yang memiliki alur dengan kedalaman terbatas  termasuk  sungai  dan  danau  yang  dapat dipertanggungjawabkan  baik  dari  segi  ekonomi maupun dari segi kelaiklautan kapalnya.

Pemahaman terhadap persyaratan teknis untuk angkutan pelayaran rakyat perlu disosialisaikan dengan baik kepada masyarakat. Angkutan laut pelayaran rakyat meliputi kapal layar (KL) berbendera Indonesia yang laik laut dan digerakkan sepenuhnya dengan tenaga angin; kapal  layar  motor  (KLM)  tradisional  berbendera Indonesia  yang  laik  laut  berukuran  sampai  dengan GT  500  (lima  ratus  Gross  Tonnage)  dan  digerakkan oleh  tenaga  angin  sebagai  penggerak  utama  dan motor sebagai tenaga penggerak bantu; atau kapal motor (KM) berbendera Indonesia yang laik laut berukuran  paling  kecil GT  7  (tujuh  Gross  Tonnage) serta  paling  besar  GT  35  (tiga  puluh  lima  Gross Tonnage) yang dibuktikan dengan salinan grosse akta, surat  ukur,  dan  sertifikat  keselamatan  kapal  yang masih berlaku.

Potensi pelayaran rakyat Aceh saat ini belum memiliki data dan dirasakan perlu menjadi perhatian khusus. Selama ini pelayaran rakyat menjalankan aktivitas kegiatan angkutan laut di perairan Aceh dengan pengawasan yang masih minim. Data tentang produktivitas kapal-kapal tersebut belum didapatkan sehingga belum dapat ditentukan perencanaan dan pengembangannya. Ketersediaan data untuk keperluan perencanaan pelayaran rakyat sangat dibutuhkan untuk berkembangnya pelayanan yang pada akhirnya menunjang aktivitas perekonomian terutama di wilayah-wilayah yang terisolir

Dukungan Terhadap Berkembangnya Pelayaran Rakyat Reviewed by on . Transportasi laut merupakan salah satu bagian dari sistem transportasi nasional yang memegang peranan penting dalam mobilitas penumpang dan barang. Transportasi Transportasi laut merupakan salah satu bagian dari sistem transportasi nasional yang memegang peranan penting dalam mobilitas penumpang dan barang. Transportasi Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top