Home » berita » Dry Port Memaksimalkan Pelayanan Pelabuhan

Dry Port Memaksimalkan Pelayanan Pelabuhan

March 11, 2014 10:29 am Category: berita Leave a comment A+ / A-

Dry Port adalah terminal yang berada didaratan dan jauh dari laut yang berfungsi seperti terminal yang berada di pelabuhan laut. Pada Dry Port dilakukan konsolidasi muatan, penumpukan/pergudangan serta dokumentasi muatan yang selanjutnya dikirim kepelabuhan laut dalam hal ini terminal peti kemas dengan menggunakan kereta apitruk peti kemas untuk selanjutnya dimuat ke kapal. Pada prinsipnya Dry Port digunakan karena persaingan antar pelabuhan, maka pelabuhan memanjangkan pintu gerbang untuk mendekatkan pelayanan pelabuhan kepada pengguna.

Untuk sebagian besar negara di dunia, Dry Port terus dikembangkan karena mampu menaikkan kinerja pelabuhan dan pemerintahnya  telah menyadari dampak  positif dari keberadaan dry port. Industri perdagangan yang semakin berkembang menuntut pemerintah untuk merubah pola tradisional dari pelabuhan laut menjadi pelabuhan daratan.  Beberapa keuntungan Dry Port yaitu menaikkan kapasitas pelabuhan dan produktivitas pelabuhan, mengurangi kemacetan diarea pelabuhan dan kota tempat pelabuhan berada, mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas, mengurangi biaya pemeliharaan jalan, dampak kerusakan lingkungan yang rendah, berperan sebagai terminal kontainer, memperluas akses pelabuhan ke area diluar hinterland yang biasa dan akhirnya memberikan biaya transaksi yang lebih rendah kepada pengirim barang.

Untuk mendukung keberadaan Dry Port dapat diwujudkan dengan memfasilitasi akses dari Dry Port menuju pelabuhan dan kawasan industri dengan asal/tujuan barang  menuju dry port sehingga ekspansi dari daerah laut menuju daratan berpotensi untuk diimplementasikan. Ada beberapa hal yang menjadi faktor pertimbangan dalam penerapan Dry Port; yaitu rute optimal impor dan ekspor kontainer di kawasan hinterland dan mengidentifikasi lokasi transhipment yang tepat, arah pengembangan jaringan infrastruktur transportasi harus mempertimbangkan pembebanan untuk moda transportasi dan memastikan apakah proses administrasi kepelabuhanan dilaksanakan di pelabuhan atau Dry Port .

Penerapan Dry Port harus diikuti dengan birokrasi yang lebih efisien dengan organisasi dan administrasi yang lebih baik dan harus didukung dengan inisiatif pemasaran. Hal ini juga sangat bergantung pada kebijakan pemerintah pusat dan daerah apakah akan ada insentif yang tepat untuk mendorong keterlibatan sektor swasta. Peningkatan kapasitas pelabuhan melalui Dry Port akan membawa manfaat terhadap dampak lingkungan,meningkatkan nilai tambah daerah dan lapangan pekerjaan, Untuk mengembangkan pelabuhan laut Aceh melalui pemanfaatan fungsi Dry Port membutuhkan studi kelayakan dan kajian penetapan lokasi Dry Port yang sesuai kebutuhan arah pengembangan dan peran masing-masing pelabuhan di Aceh.

Dry Port Memaksimalkan Pelayanan Pelabuhan Reviewed by on . Dry Port adalah terminal yang berada didaratan dan jauh dari laut yang berfungsi seperti terminal yang berada di pelabuhan laut. Pada Dry Port dilakukan konsoli Dry Port adalah terminal yang berada didaratan dan jauh dari laut yang berfungsi seperti terminal yang berada di pelabuhan laut. Pada Dry Port dilakukan konsoli Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top