Home » berita » Dishub Sabang Minta Tambah Kapal

Dishub Sabang Minta Tambah Kapal

September 19, 2014 1:50 pm Category: berita Leave a comment A+ / A-

* Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Tahun Baru

SABANG – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika  (Dishubkominfo) Kota Sabang mengajukan permohonan penambahan satu unit kapal kepada Dinas Perhubungan, Informasi, Komunikasi dan Telematika (Dishubkomintel) Aceh, untuk membantu layanan penyeberangan dari Balohan, Sabang ke Ulee Lheue, Banda Aceh dan sebaliknya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (KaDishubkominfo) Sabang, Irawadi SE, kepada Serambi Kamis (18/9) kemarin, mengatakan permohonan penambahan armada transportasi laut tersebut, dilakukan sehubungan meningkatnya pengunjung atau wisatawan yang datang ke Sabang dalam beberapa bulan terakhir.

“Jumlah pengunjung yang datang ke Sabang setiap bulannya terus mengalami peningkatan. Terlebih lagi menjelang tahun baru yang tak lama lagi. Karena itu, untuk mengatasi lonjakan penumpang tersebut diperlukan tambahan armada,” kata Irawadi.

Selain itu, tambah Irawadi, permohonan penambahan kapal lambat ini, juga terkait dikembalikannya operasional KMP Teluk Sinabang ke rute asalnya, yaitu Labuhan Haji-Simeulu. Meski ia mengakui belum menerima surat pemberitahuan tentang pengembalian operasional KMP Teluk Sinabang tersebut ke rute asalnya.

Irawadi menyebutkan, dalam surat permohonan ke Dishubkomintel Aceh, pihaknya meminta Dishubkomintel Aceh dapat menambah satu lagi armada kapal lambat yang kapasitasnya 1.000 GT, setara dengan kapasitas KMP BRR.

Menurut Irawadi, surat permohonan penambahan armada ke Dishubkomintel Aceh tersebut, diajukan dua hari lalu. Ia mengatakan, hingga kemarin belum mendapat jawaban terhadap permohonan itu, apakah disetujui atau tidak.

Selain KMP BRR dan KMP Papuyu, penyeberangan Balohan-Ulee Lheue juga dibantu dua unit kapal cepat, yakni KM Express Bahari 3B dan KM Cantika 89. Sementara dua kapal cepat lainnya yang juga pernah diperbantukan, yaitu KM Rondo dan KM Citra Jet, keduanya kini sandar di Pelabuhan BPKS.

Supervisi PT ASDP Perwakilan Sabang, Husaini kepada Serambi mengatakan, KMP Teluk Sinabang kini kembali melayani penyeberangan Labuhan Haji-Simeulu. Pengembalian kapal ini ke rute asalnya dilakukan atas permintaan Bupati Simeulu Riswan NS kepada Gubernur Aceh, pertengahan Agustus lalu.

Kapal lambat berkapasitas 350 penumpang itu kembali ke Simeulu setelah menjalani perawatan mesin di Palabuhan Balohan, sekitar satu bulan. KMP Teluk Sinabang, kata Husaini, bertolak ke Labuhan Haji, Aceh Selatan, pada Rabu (17/9) siang, dan tiba pada Kamis (18/9) pagi.

“KMP Teluk Sinabang selama beberapa bulan diperbantukan untuk melayani penyeberangan Ulee Lheue-Balohan, karena KMP BRR naik dok di Medan. Sebenarnya, setelah Idul Fitri 1435 H, kapal sudah bisa kembali ke Simeulu, tapi karena perawatan mesin, keberangkatannya ditunda sampai selesai perbaikan,” jelas Husaini.

Ditanya tentang pengganti KMP Teluk Sinabang, Husaini mengatakan sejauh ini belum ada penggantinya. Sementara untuk pelayaran Sabang-Ulee Lheu, saat ini ada dua kapal lambat yaitu KMP BRR dan KMP Papuyu. “Jika terjadi lonjakan penumpang, paling hanya bisa melakukan penambahan trip,” katanya.(az)

Dishub Sabang Minta Tambah Kapal Reviewed by on . * Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Tahun Baru SABANG - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika  (Dishubkominfo) Kota Sabang mengajukan permohonan pena * Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Tahun Baru SABANG - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika  (Dishubkominfo) Kota Sabang mengajukan permohonan pena Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top