Home » berita » Disbudpar: Penumpang Boat Wisata Harus Pakai Pelampung

Disbudpar: Penumpang Boat Wisata Harus Pakai Pelampung

February 15, 2015 12:32 pm Category: berita Leave a comment A+ / A-

SABANG – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Zulfi Purnawati SSos, menyerukan agar setiap penumpang boat wisata dalam kawasan taman wisata marina Iboih dan Rubiah maupun di tempat lain, seperti Gapang dan Sumur Tiga, wajib memakai pelampung saat berlayar.

Jika penumpang lupa meminta pelampung, maka pemilik atau pengemudi boat wajib mengingatkan penumpang agar mengenakan pelampung. “Sekalipun itu dalam pelayaran singkat, misalnya, dari pantai Iboih ke Pulau Rubiah, demikian pula sebaliknya,” kata Zulfi kepada Serambi tadi malam.

Pernyataan itu ia sampaikan menanggapi kasus terbaliknya sebuah boat bottom glass yang sedang mengangkut rombongan dosen FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) Medan di perairan Pulau Rubiah, Sabang, Kamis (12/2) siang, karena dihantam ombak. Akibatnya, seorang penumpang, Prof Dr Retno Widiastuti (51), meninggal setelah lebih dulu pingsan akibat tenggelam.

Berdasarkan laporan media yang dibaca dan didengar Zulfi, saat boat yang dinakhodai Ilyas itu berlayar, ketujuh penumpangnya tidak ada yang mengenakan pelampung di badan. Sehingga, ketika boat karam diterpa ombak, para penumpang langsung tercebur ke laut dan timbul tenggelam. Bahkan Prof Retno pingsan saat diangkat dari laut. Begitu dinaikkan ke boat penolong, boat itu pun karam pula karena kelebihan muatan. Pada saat itulah nyawa Prof Retno tak tertolong.

Berkaca dari pengalaman itu, kata Zulfi, maka pelayaran boat atau speedboat wisata di kawasan marina Sabang wajib menyertakan pelampung. “Dan pelampung itu bukan cuma disiagakan di dalam boat atau speedboat, melainkan wajib dipakai selama dalam pelayaran atau penyeberangan,” imbuh Zulfi.

Dia ingatkan, perilaku laut sangat mudah berubah karena terkait dengan faktor cuaca dan angin. Jika angin kencang, maka ombak bisa saja mendadak besar. Hal itu tentu menjadi ancaman bagi boat atau speedboat yang sedang mengangkut penumpang. “Maka, demi menghindari akibatyang fatal, lebih baik kita pakai pelampung saat berlayar untuk mengurangi risiko saat boat karam,” kata Zulfi sembari menyatakan bahwa jajaran Pemko Sabang ikut berduka cita atas meninggalkan Prof Retno saat menikmati keindahan taman bawah laut Pulau Rubiah.(dik)

sumber: aceh.tribunnews.com

Disbudpar: Penumpang Boat Wisata Harus Pakai Pelampung Reviewed by on . SABANG - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Zulfi Purnawati SSos, menyerukan agar setiap penumpang boat wisata dalam kawasan taman SABANG - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Zulfi Purnawati SSos, menyerukan agar setiap penumpang boat wisata dalam kawasan taman Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top