Home » berita » Dermaga Balohan Terancam Tenggelam

Dermaga Balohan Terancam Tenggelam

February 16, 2015 10:25 am Category: berita Leave a comment A+ / A-

* Roda Penahan Naik-Turun Banyak yang Lepas
* Kapal Cepat tak Berani Lagi Sandar di Balohan

SABANG – Kerusakan Dermaga Apung (Ponton) Pelabuhan Balohan, Sabang, kini semakin memprihatinkan, bahkan membahayakan kapal yang bersandar. Jika tak segera diperbaiki, dermaga apung tempat bersandarnya kapal cepat, bisa tenggelam ke dasar laut seperti yang pernah terjadi pada 2012 lalu.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan Dishubkominfo Kota Sabang, Mawardi S.Tr, kepada Serambi, Senin (9/2) mengatakan, kerusakan dermaga ponton itu memang makin parah. Selain lima roda penahan naik-turun ponton sudah lepas jatuh ke dasar laut, tiang beton penahan ponton dan tiang penghubung juga mulai terkelupas dan retak.

Bukan itu saja, jalan penghubung ke dermaga ponton yang baru selesai dibangun juga mulai retak akibat gesekan ponton tersebut. Untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal terhadap struktur bangunan lain, kata Mawardi, pihaknya mendesak Dishubkomintel Aceh untuk segera memperbaiki kerusakannya.

“Untuk mencegah dermaga apung itu terlepas akibat terjangan cuaca buruk,  sementara dermaga apung itu kami ikat di tiang penyangga menggunakan rantai,” kata Mawardi.

Selain menyurati Dishubkomintel Aceh dan Dishubkominfo Sabang untuk meminta segera ditangani, kata Mawardi lagi, pihaknya juga sudah mengimbau pihak kapal cepat untuk berhati-hati pada saat sandar di dermaga apung tersebut, mengingat cuaca dalam beberapa waktu terakhir ini tidak bersabahat.

Hal ini, kata Mawardi, untuk menghindari terulang kembali peristiwa yang terjadi pada pertengahan 2012 lalu, di mana dermaga berukuran 24×6 meter itu tenggelam ke dasar laut sedalam 20 meter akibat cuaca buruk.

“Dalam beberapa malam ini kapal cepat KM Express Cantika 89 sering parkir atau sandar di Pelabuhan Ulee Lheue, karena merasa tidak aman parkir di Pelabuhan Balohan, terutama pada saat cuaca buruk. KM Express Bahari 9C yang selama sebulan sandar di Pelabuhan Balohan, sejak dua hari lalu, juga sudah dipindahkan ke Pelabuhan Ulee Lheue, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” demikian Mawardi.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) Sabang, Irawadi SE yang dihubungi Serambi secara terpisah, kemarin, mengakui sudah menerima surat yang dikirim Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan, tentang kerusakan dermaga apung kapal cepat.

Sehubungan dengan itu pula, pihaknya langsung mengirimkan surat ke Dishubkomintel Aceh, meminta segera menangani kerusakan dermaga tersebut. “Hari itu juga kita layangkan surat Dishubkomintel Aceh. Bahkan Dishubkomintel Aceh juga sudah berjanji akan segera menanganinya,” jelas Irawadi.(az)

Dermaga Balohan Terancam Tenggelam Reviewed by on . * Roda Penahan Naik-Turun Banyak yang Lepas * Kapal Cepat tak Berani Lagi Sandar di Balohan SABANG - Kerusakan Dermaga Apung (Ponton) Pelabuhan Balohan, Sabang, * Roda Penahan Naik-Turun Banyak yang Lepas * Kapal Cepat tak Berani Lagi Sandar di Balohan SABANG - Kerusakan Dermaga Apung (Ponton) Pelabuhan Balohan, Sabang, Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top