Home » berita » Buku Sejarah Sabang Diluncurkan

Buku Sejarah Sabang Diluncurkan

April 18, 2015 10:48 pm Category: berita Leave a comment A+ / A-

SABANG – Sabang Heritage Society (SHS) sebuah lembaga tempat bernaung para pemerhati warisan sejarah Kota Sabang, Selasa (14/4) meluncurkan (launching) buku Sabang Dalam Lintasan Sejarah di De Sagoe Kuphie, Simpang Garuda, Selasa (14/4) sekitar pukul 09.30 WIB.

Peluncuran buku setebal 150 halaman yang ditulis oleh Albina A Arahman ST, Trisnani Munilawati, Alm. Poniman Saleh, dan Mayor dr Hisnindaryah (mantan RSAL Sabang). Peluncuran buku sejarah dengan 11 pokok bahasan itu, ikut dihadiri Sekdako Sabang, Sofyan Adam SH, yang juga sebagai sebagai pembicara pembanding, dan Tgk H Ramli Yus selaku Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Sabang.

Kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Direktur SHS Zulhelmi Bakrie dan dilanjutkandengan prolog pengantar dari penulis utama Albina Arahman yang juga mantan Direktur SHS dan kini menjadi anggota DPRK setempat.

Prolog atau kata pengantar ini berisikan beberapa penyataan dari Albina tentang latar belakang penulisan buku ini yang didasari oleh keprihatinan karena belum adanya satu pun buku yang pernah ditulis yang membahas khusus sejarah Sabang.

Padahal Sabang memiliki kegemilangan sejarah yang luarbiasa pada masanya,. di antaranya Sabang pernah menjadi pelabuhan internasional yang sangat maju yang dilengkapi berbagai fasilitas, di antarnya adalah fasilitas Rumah Sakit Jiwa Sabang yang mampu menampung lebih dari 1500 pasien, sehingga menjadi RSJ yang terbesar pada masanya.

Juga pernah memiliki stasiun adio zend station yang merupakan stasiun radio telegraf pertama untuk kawasan Hindia Belanda yang jejak bangunannya hingga hari ini terbengkalai dalam bentuk puing-puing yang belum maksimal dilestarikan. Serta keunggulan fasilitas pelabuhan Sabang masa Kolonial Belanda lainnya yang disampaikan secara lugas, sehingga membuat audience peserta kegiatan terkesima dan antusias.

Kegiatan dilanjutkan dengan narasi pembanding dari Sekdako Sofyan Adam, yang mengapresiasi para penulis yang telah bersusah payah menulis buku ini, di tengah keterbatasan informasi tentang sejarah Sabang. “Berdasarkan pengalaman pribadi, saya merasa kesulitan mendokumentasikan data sejarah Sabang yang hari ini sering dijumpai di berbagai literature. Ini disebabkan, karena belum ada yang menulis buku yang mudah dibaca oleh generasi,” katanya seraya berjanji akan memberi reward sesuai kemampuan daerah kepada siapa saja yang mau menulis atau meneliti tentang sejarah Sabang atau tentang Sabang secara umum.

Sementara Ketua MAA Tgk H Ramli Yus, selain mengapresiasi juga memberikan masukan untuk ke depan dalam cetakan buku revisi yang akan datang untuk dapat dimasukkan berbagai data informasi sejarah Sabang lainnya yang masih banyak sekali belum tergali. Diantaranya tentang sejarah perjalanan haji dikota Sabang yang ditandai dengan adanya karantina haji Pulau Rubiah, serta sejarah perjuangan rakyat Sabang pada masa Jepang yang dalam buku ini belum dibahas tuntas. Acara tersebut, diakhiri pemberian bingkisan dan cinderamata kepada Ny Ipah, istri alm Poniman Sareh, sejarahrawan Kota Sabang yang dalam hal ini juga ikut menyumbang tulisan hasil riset dan pengamatannya. (az)

http://aceh.tribunnews.com

Buku Sejarah Sabang Diluncurkan Reviewed by on . SABANG - Sabang Heritage Society (SHS) sebuah lembaga tempat bernaung para pemerhati warisan sejarah Kota Sabang, Selasa (14/4) meluncurkan (launching) buku Sab SABANG - Sabang Heritage Society (SHS) sebuah lembaga tempat bernaung para pemerhati warisan sejarah Kota Sabang, Selasa (14/4) meluncurkan (launching) buku Sab Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top