Home » berita » BBPPKI Medan Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Publik Bagi Aparatur Pemko Sabang

BBPPKI Medan Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Publik Bagi Aparatur Pemko Sabang

March 11, 2015 4:42 pm Category: berita, Bidang Telematika, Kegiatan Leave a comment A+ / A-

SABANG – Guna membantu instansi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menyiapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan calon PPID sebagaimana diatur dalam UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Puslitbang Literasi dan Profesi, Badan Litbang SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Sabang, Provinsi Aceh, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi Publik Budaya Dokumentasi dan Sertifikasi bagi aparatur Pemerintahan Kota Sabang (Budok) Tingkat Dasar, di Aula Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Sabang, tanggal 4 – 7 Maret 2015. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 orang peserta yang merupakan PNS dari SKPD dibawah Pemerintahan Kota Sabang.

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan Drs. Irbar Samekto, Msi, dalam kata sambutannya saat pembukaan menyatakan bahwa salah satu tupoksi BBPPKI Medan adalah melakukan peningkatan SDM masyarakat di wilayah perbatasan yang merupakan implementasi dari Permen Kominfo tahun 2011 tentang tata kerja unit pelayan teknis Kemkominfo.

“Kota Sabang merupakan pulau di ujung barat wilayah NKRI adalah sangat tepat untuk melaksanakan kegiatan ini”, Ujarnya.

Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Basuki Yusuf Iskandar yang diwakili oleh Dr. Henry Subiakto, SH, MA (Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa), dalam kata sambutan menyampaikan bahwa kegiatan ini secara teknis membangun budaya dokumentasi guna mendukung implementasi UU No. 14 serta undang-undang yang terkait seperti UU ITE dan UU kearsipan. Dengan memahami produk hukum yang terkait, SDM pengelola informasi dan dokumentasi dapat memberikan pelayanan sesuai prosedur, standar untuk dapat mewujudkan transparansi dan tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga tercipta SDM Pemerintah profesional yang dapat melakukan layanan yang prima bagi masyarakat. ”Perkembangan TIK akan mengubah segalanya, dan media TIK merupakan sarana public sphere bagi masyarakat yang mendunia”, ungkapnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sofyan Adam Sekretaris Daerah Kota Sabang yang mewakili Walikota. Dalam kata sambutan beliau menyampaikan bahwa Sabang tidak akan dikenal secara luas tanpa ada promosi dari media, baik media cetak, elektronik maupun media internet khususnya jejaring media sosial. Diharapkan dalam kegiatan ini akan menghasilkan SDM PNS yang mampu menjadi agen perubahan bagi pelaksanaan UU KIP dan ITE di Kota Sabang.

Kegiatan menghadirkan para narasumber yang menyampaikan materi pada Bimtek ini adalah Dr. Henry Subiakto, SH, MA (Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa) dengan materi: Pokok Pokok Undang Undang KIP, Abdulhamid Dipopramono (Komisioner Komisi Informasi Pusat) dengan materi: Ketentuan Dalam UU KIP dan Peraturan Turunannya, Drs. Sumrahyadi, MIMS (Arsip Nasional RI) dengan materi: Keterkaitan UU Kearsipan Dengan KIP, Henri Sasmita Yuda (Bagian Hukum Sekretariat Ditjen Aplikasi Informatika) dengan materi: Keterkaitan UU ITE dengan KIP, Ismiyarto (Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI) dengan materi: Keterkaitan UU Pelayanan Publik dengan KIP, Soekartono (Staf Ahli Ditjen IKP-Kemkominfo) dengan materi: Prosedur Pengelolaan Informasi Publik, serta Indriyatno Banyumurti dan Soekartono (Tim Sertifikasi) dengan materi: Praktek Simulasi Tata Kerja PPID dan Pemanfaatan TIK dalam Kegiatan Pengelolaan Informasi Publik. Akhir kegiatan bimtek ini akan dilakukan ujian sertifikasi yang akan dilakukan oleh Geri Sugiran AS dari lembaga sertifikasi independen. (budi037/BBPPKI-Medan/MCSabang/awal)

BBPPKI Medan Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Publik Bagi Aparatur Pemko Sabang Reviewed by on . SABANG - Guna membantu instansi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menyiapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan calon PPID sebagaimana diatu SABANG - Guna membantu instansi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menyiapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan calon PPID sebagaimana diatu Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top